Jumat, 27 Maret 2015

Batik Cirebon - Tenun dan Batik Bakal Banjiri Parade

Batik Cirebon - Panitia Festival Kartini Ke-3 dalam rencana peringatan Hari Jadi Jepara Ke-366 bakal mengkreasi moment Jepara Carnival untuk mengeksplorasi kemegahan tenun Troso serta batik Jepara. Beragam rencana baju, sudah disediakan peserta supaya eksotika baju etnik khas Jepara itu betul-betul tampak.
Hal itu disibakkan Ketua Panitia Hadi Priyanto, tempo hari. Inspirasi itu lahir dari hasrat untuk mengangkat potensi budaya tradisional Jepara. Menurut dia, telah banyak pihak yang berhimpun serta bakal semaksimal mungkin saja menghadirkan keindahan baju khas Jepara itu. ”Ini bukanlah lomba, namun semasing peserta mempersiapkan rencana yang tidak sama hingga bentuk serta jenis yang bakal dipertunjukkan berlainan, ” tuturnya.
Batik Cirebon - Baju dengan dominasi bahan dari Tenun Troso serta Batik Jepara itu didesain oleh siswa-siswi SMK 2 Jepara, dibawah tuntunan Indria Mustika, dan seniman Bayu Supriyanto. Mereka menyiapkan beberapa jenis memiliki konsep Keagungan Batik serta Tenun Jepara. Disediakan juga baju carnival bertopik Pancaran Putri Batik Jepara. SMK N 2 Jepara juga mempersiapkan tampilan sebagian personil dalam satu unit baju karnaval, yang melukiskan histori perubahan motif batik.
Motif Ukir
”Sejarah yang dipertunjukkan yaitu kenyataan bahwa motif batik Jepara datang dari motif ukir khas Jepara, ” lebih Hadi.
Ia menuturkan, histori perubahan motif batik itu bakal dipertunjukkan oleh 30 jenis berbentuk baju yang didrapir. Dalam dunia fashion, drapir dipakai untuk mengacu pada jenis baju tanpa ada jahit.
Batik Cirebon - Baju memiliki konsep Puteri Negeri Tenun, lanjutnya, akan dipertunjukkan oleh beberapa entrepreneur yang tergabung dalam koperasi Paguyuban Tenun Jepara. Diluar itu, paguyuban perajin batik Biyung Pralada bakal mempersiapkan parade batik.
Terkecuali panggung paling utama nan megah bakal didirikan di Tugu Kartini, juga sebagai tempat acara, cat walk selama 500 mtr. di jalan Pemuda, dari mulai Tugu Kartini sampai seputar perempatan SD 2 Panggang, pasti akan disediakan untuk moment yang di gelar Selasa (21/4) itu.
Pihaknya memperkirakan, pertunjukan itu akan mengundang penggemar mode, fotografer, sampai orang-orang umum. Mereka bakal disajikan semua mode yang dipertunjukkan untuk memperoleh ide jenis baju. ”Perjalanan beberapa jenis di cat walk, bakal diiringi drumb band Caraka Bahana Sisya dari SMP 2 Jepara, ” ujarnya. ( Batik Cirebon )

0 comments:

Posting Komentar