Minggu, 01 Maret 2015

Batik Cirebon - Mengenal Filosofi Batik Banyuwangi Lewat Rancangan Terbaru Priscilla Saputro


Batik Cirebon - Nyaris tiap-tiap daerah di Indonesia mempunyai kain tradisional yang beragam macam, satu diantaranya kota Banyuwangi yang mempunyai batik dengan macam corak. Hal semacam ini juga yang bikin desainer lokal Priscilla Saputro tertarik untuk memproses batik itu berdasar pada filosofi orang-orang Banyuwangi.
Lewat rancangan teranyarnya yang dipamerkan di Indonesia Fashion Week (IFW) 2015 yang bertopik 'Novum Etno : Colorful Banyuwangi', desainer asli Jakarta itu mau melukiskan orang-orang Banyuwangi yang perlahan-lahan bergerak maju.
Batik Cirebon - Koleksi itu di ambil dari bhs latin yakni 'novum' yang bermakna pembaruan. Maknanya yaitu pembaruan terus-menerus dalam dunia mode yang saat ini baru dikerjakan oleh orang-orang Banyuwangi.
"Pakaian yang saya design di inspirasi dari orang-orang Banyuwangi yang saat ini memprioritaskan pembaruan terus-menerus terutama dalam dunia fashion yang telah berpedoman prinsip kesetaraan gender, " katanya waktu terlibat perbincangan dengan media pada konferensi pers IFW 2015 di Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (28/2/2015).
Sedang 'etno' yang juga di ambil dari bhs latin yaitu suatu hal berbau etnik yang melukiskan keanekaragaman orang-orang Banyuwangi yang sangatlah kental. Ia menilainya, Banyuwangi barusan mengadakan satu gerakan wisata yang sangatlah mengagumkan. Walau banyak budaya lain yang masuk ke dalamnya tetapi orang-orangnya terus setia melestarikan budaya asli yang sangatlah kuat pengaruhnya.
Batik Cirebon - Design yang diciptakannya juga di inspirasi dari keragaman wisata alam serta budaya didalam kota Banyuwangi. " Yang saya saksikan batik-batik khas Banyuwangi sangatlah colorful. Jadi rancangan saya kesempatan ini lebih memodifikasi batik sampai dapat dipakai dalam acara kasual ataupun resmi, " tuturnya lagi.
Menurut dia, batik Banyuwangi mendeskripsikan segi androgini atau kesetaraan gender yang beberapa waktu terakhir digalakkan di Banyuwangi. Tiap-tiap orang, baik pria ataupun wanita mempunyai pekerjaan yang sama rata. Mereka bahu-membahu bangun bidang pariwisata serta ekonomi hingga siap untuk didatangi beberapa konsumen domestik ataupun mancanegara.
Koleksi yang dipertunjukkannya juga didominasi oleh beberapa warna cera dari motif batik Banyuwangi seperti pink, biru muda, ungu, oranye, kuning, serta hijau yang 'disulap' jadi beragam jenis baju. Salah satu salah satunya yaitu gaun panjang, rok, blazer, sampai blus. ( Batik Cirebon )

0 comments:

Posting Komentar