Rabu, 29 Oktober 2014

Batik Cirebon - Cukup di Drapping, Batik dan Brokat Tampil Cantik

Batik Cirebon - Batik yang dibuat khusus dengan motif yang disesuaikan dengan bahan brokat karya Embran Nawawi tampil sebagai busana cantik hanya dengan cara drapping. Embran sengaja menggandeng perancang Denny Darmawan untuk mengolah batik karyanya dengan cara drapping itu.
Empat model pada Selasa (28/10/2014) sore itu mengenakan busana dari bahan batik dan brokat di hadapan para tamu undangan di Artotel Surabaya. Secara bergantian para model menunjukkan busana dan pola drapping yang dikenakan dengan memutar badan di hadapan tamu undangan yang duduk di meja-meja hidangan.
Batik Cirebon - Keempat busana yang dikenakan masing-masing memiliki perbedaan pola lipatan dan letak smoke. Mesi sama-sama berasal dari bahan batik dan brokat yang sama tapi peletakan titik center point dari masing-masing busana bisa menghadirkan gaya berbeda.
Denny Darmawan yang digandeng Embran untuk mendesain teknik drapping dari batik-brokat menjelaskan teknik drapping akan sangat membantu bagi penyuka batik yang suka bergonta-ganti model pakaian. Hanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit sebuah busana batik baru sudah bisa tercipta hanya dengan mencubit, mengikat, atau memberi tusukan jarum sedikit.
“Ini saya mengangkat tema flower dengan konsep gaun malam. Tinggal menentukan di mana center pointnya, di pinggang? di dada? Lalu saya buat smoke, bikin bunga di center pointnya dengan menonjolkan motif batiknya,” terang Deny.
Di tiga busana yang ditunjukkan Deny lebih mengekspose smoke atau bentukan seperti bunga mekar dari bahan kain batik. Tapi satu busana, smoke dibuat dengan menonjolkan kain brokat. Lipatan-lipatan yang dibuat secara sederhana tetap diatur sedemikian rupa agar motif batik lebih terekspos. (Batik Cirebon)

0 comments:

Posting Komentar