Selasa, 07 Oktober 2014

Batik Cirebon - Batik Trusmi Harus Lebih Ekslusif

ebatik HEM Batik Cirebon KL 110
ebatik HEM Batik Cirebon KL 110
Batik Cirebon – Batik produksi Indonesia, khususnya batik trusmi harus lebih menyajikan ciri khas eksklusif, sehingga negara lain sulit untuk menirunya. Ke ekslusifan batik sangat penting, mengingat batik bukan hanya di produksi di Indonesia saja, melainkan beberapa negara lain juga turut memproduksi batik.
Batik trusmi adalah karya salah satu daerah di negara Indonesia, namun batik juga ada di Amerika, Jepang, China dan bahkan mungkin di belahan dunia lainnya. Selain itu di tahun depan (2015) pasar bebas MEA akan segera di berlakukan, persaingan akan semakin sengit maka nilai jual batik atau brand value harus lebih di tingkatkan, agar brand produk bisa di lihat eksklusif oleh konsumen.
Indonesia sebagai pencipta batik di harapkan mampu menghasilkan model dan motif baru sehingga akan sulit ditiru. Indonesia memang memiliki banyak model batik daerah, batik Cirebon dengan mega mendungnya sudah begitu terkenal, bahkan sampai ke manca negara. Tinggal, bagaimana saja agar menghilangkan kesan batik sebagai baju tradisional agar terlihat lebih modern.
Kelompok-kelompok pencipta model dan motif batik harus dilindungi pemerintah karena mereka yang mampu melahirkan model-model batik eksklusif yang menjadi ciri khas Indonesia di mata internasional.
Jika batik Indonesia memiliki model dan motif yang eksklusif maka masyarakat dunia yang akan menilai dari negara mana batik berasal.
Batik Cirebon - Batik Indonesia harus dicatatkan dalam hak cipta karena itu merupakan kekayaan intelektual yang bersifat ekonomis dan saat ini menjadi komoditas di pasar global.
Pemerintah Indonesia sendiri yang bisa memberikan perlindungan hukum terhadap produk-produk hasil kekayaan intelektual asli Indonesia seperti batik. Dan saat ini sudah di terapkan batik mark.
Pemerintah Indonesia harus melindungi batik sebagai produk khasnya sehingga sengketa-sengketa yang ditimbulkan karena faktor ekonomis produk tidak akan terjadi di masa mendatang. Seperti yang kita tahu, dulu Indonesia pernah terlibat sengketa dengan Malaysia terkait dengan hak milik batik. Namun pada saat itu, Indonesia berhasil memenangkan sengketa dan batik resmi di miliki oleh bangsa Indonesia seutuhnya.

0 comments:

Posting Komentar