Kamis, 23 Oktober 2014

Batik Cirebon - Batik Pakidulan Produk Baru Ramah Lingkungan

Batik Pakidulan - Batik Cirebon

Batik Cirebon - Pada pertengahan Oktober 2014, di Jakarta Trade Expo, salah satu mitra binaan terbaik Bio Farma memamerkan hasil karyanya yaitu Batik Pakidulan. Stand pameran Mitra Binaan Bio Farma yang berasal dari Desa Taman Jaya ini berhasil menarik perhatian International Buyer.  Menurut R. Herry, Kepala Divisi CSR Bio Farma,  Bio Farma memiliki banyak expertise di bidang Green.  Seperti pengelolaan air, udara, pengolahan limbah dan lingkungan. ''Keunggulan tersebut yang terus menerus ditularkan kepada mitra binaan kami. Contohnya adalah pembudidayaan ikan Koi Mizumi dengan teknologi biosecure, serta yang terbaru Batik Pakidulan,'' papar Herry dalam siaran pers yang diterima Republika, Kamis (23/10).
Batik Pakidulan merupakan produk batik ramah lingkungan karya mitra binaan CSR Bio Farma yang telah menerapkan green process. Yaitu pewarna ramah lingkungan dengan Teknologi Nano yang sedang dalam proses pendaftaran Hak Cipta ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Batik Pakidulan tersebut terinspirasi dari keindahan dan eksotisme pesona alam, keanekaragaman hayati dan budaya di kawasan Geopark Ciletuh.
Batik Cirebon - Salah seorang pengrajin Batik Pakidulan, Aliyudin Firdaus sangat senang berkesempatan diikutsertakan dalam pameran Trade Expo tersebut. Ia memiliki tiga motif andalan. Antara lain motif Curug yang menggambarkan ekspresi keprihatinan jika terjadi pencemaran lingkungan air terjun di kawasan Geopark Ciletuh.  Motif Panenjoan yang merupakan ekspresi artistik pemandangan eksotis, amphitheatre raksasa di kawasan geologi purba di Geopark Ciletuh. Serta motif Hujungan yang  merupakan ekspresi pulau – pulau kecil yang ada di Hujungan,  pemandangan batuan geologi Jampang purba yang berusia 65 juta tahun di kawasan Geopark Ciletuh.
Herry mengungkapkan Bio Farma berharap agar Batik Pakidulan  dapat turut serta mewarnai dan melengkapi koleksi batik Indonesia. Apalagi dengan keunggulan dan pendaftaran produk hak cipta. Sehingga hasil kary nya mendapat apresiasi dan mendapat perlindungan. (batik cirebon)

0 comments:

Posting Komentar