Jumat, 13 Maret 2015

Batik Cirebon - Karina, Cucu Maestro Lukis Widayat Tekuni Kerajinan Batik


Batik Cirebon - Bikin motif batik yaitu satu dari kesibukan yang digeluti Karina Rima Melati. Wanita berumur 33 th. ini, selalu melestarikan pengetahuan membatik, lantaran mewarisi kepiawaian kakeknya, H. Widayat dalam bagian kesenian.
Untuk wanita yang akrab disapa dengan Karina ini, membatik adalah hoby yang mengasyikkan. Hingga, dia buka sanggar Batik dengan nama Jenggolo di bilangan Taman Siswa, Yogyakarta pada th. 2009.
Batik Cirebon - “Dalam membatik, saya cukup di pengaruhi karya-karya Widayat. Karena, kakek saya itu lukisannya cukup dekoratif lantaran memanglah datang dari pembatik, ” tutur cucu ke enam dari putra ke-2 H Widayat ini, Jumat (13/3/2015).
Karina pada akhirnya selalu meningkatkan karya batiknya, serta dalam pameran berjudul “Revitalisasi” yang bakal di gelar di Galeri Hj. Soemini, museum Widayat, Minggu (15/3) besok, Karina sekalian turut memamerkan batik. Adapun, corak alam, rimba, ataupun flora serta fauna itu jadi salah satu corak yang paling disenanginya.
Batik Cirebon - “Saya bakal menghadirkan satu karya yang berjudul Greng lan Ngrenyem. Itu yaitu pesan-pesan kakek saya pada mahasiswanya berkenaan dengan karya lukisan. Greng berarti menghidupkan situasi. Sesaat ngrenyem dapat disimpulkan dengan keselarasan, ” tutur alumnus jurusan Design Komunikasi Visual ini.
Di sela-sela kesibukannya juga sebagai dosen di Akindo Yogyakarta, Karina juga selalu menolong revitalisasi museum Widayat. Bahkan juga, dia sempat juga prihatin dengan prahara di keluarganya berkenaan museum. Walau sekian, dia melihatnya juga sebagai suatu tantangan.
“Hal tersebut yang buka saya untuk melakukan perbaikan museum Widayat. Saya tak mempunyai ambisi apa pun untuk jadi pengurus museum, yang saya mempunyai yaitu pengetahuan untuk diterapkan pada museum Widayat, ” tukasnya. ( Batik Cirebon )

2 comments:

  1. Gr5 Titanium - The TITanium Art
    Gr5 Titanium is a custom finished piece of titanium which has been created in collaboration titanium wedding band sets with Toto titanium sponge and Toto. The product micro hair trimmer is the same in titanium white rocket league shape as the $34.99 · titanium edc ‎In stock

    BalasHapus