Kamis, 09 Oktober 2014

Batik Cirebon - Batik atau Hanya Kain Batik Bermotif Batik ?

Batik Cirebon - Pada 2 Oktober lalu, Indonesia memperingati Hari Batik Nasional. Sebagai bentuk rasa cinta pada batik, banyak orang mengenakan batik di hari tersebut. Tapi, apakah yang Anda atau mereka kenakan adalah benar-benar pakaian yang terbuat dari kain batik? Atau hanya sekadar bermotif batik.
Saat ini sudah banyak sekali motif batik yang dijual di pasaran. Bahkan ada baju batik yang coraknya digabungkan dengan logo-logo klub bola ternama dunia. Pada dasarnya kita harus mengetahui apa definisi dari kain batik itu sendiri.
Batik Cirebon - Kain batik adalah kain yang dilukis atau digambar menggunakan canting, dengan bahan malam, dibuat langsung menggunakan tangan. Sehingga, bila ada kain bercorak batik, namun tidak dibuat menggunakan canting, kain tersebut sudah dikategorikan sebagai kain batik printing.
Dalam hal ini saja, sudah jelas terdapat perbedaan yang sangat signifikan. Lalu, bila dari pembuatannya saja sudah berbeda, maka dari harganya pun sudah jelas berbeda. Dari harga saja, kalau kain itu batik yang dibuat dengan mencanting, harganya pasti akan jauh lebih mahal.
Batik Cirebon - Dari penjelasan di atas saja, sekarang kita sudah mengetahui dua perbedaan kain batik dan kain yang hanya bermotif batik. Kalau dari penjelasan kedua, yaitu harga, pastinya akan membuat kita bertanya-tanya. Mengapa ya batik tulis asli harus bernilai lebih tinggi? Selain karena prosesnya yang rumit, lamanya pengerjaan satu kain batik juga akan mempengaruhi harga jualnya.
Lalu, kira-kira bagaimana ya cara kita bisa membedakan mana batik tulis asli dan batik printing?
Pertama, terletak pada kerapihan motif. Karena membuat pola pada batik menggunakan canting dan langsung dibuat dengan tangan manusia, maka hasilnya tidak akan terlihat rapih sempurna. Garisnya akan terlihat tidak konsisten. Kalau terlihat rapih dan rata, berarti batik printing. Contohnya batik cirebon mega mendung. Dengan batik tulis megamendung terlihat lebih eksklusif.
Kedua, lihat pola yang berulang. Jika motifnya berulang, berarti batik printing. Karena itu jika menggunakan batik tulis itu sangatlah eksklusif. Tak ada batik yang akan terlihat sama persis meski satu jenis corak.
Setiap hasil cantingan akan memiliki ciri khasnya masing-masing, Tebal tipisnya garis akan berbeda tergantung pada tangan yang menggambarnya. Tak seperti batik printing yang sudah didesain sedemikian rupa agar terlihat rapih
Dan terakhir, lihat bagian dalam kain. Mungkin sebagian dari Anda tidak menyadari hal ini. Padahal ini adalah hal paling mudah untuk dilihat. Balik lah pakaian batik Anda. Jika bagian dalam kain batik Anda terlihat putih, sudah pasti pakaian Anda hanyalah batik printing. Tapi jika bagian dalamnya juga bermotif seperti bagian luar, atau bolak-balik, maka pakaian tersebut terbuat dari kain batik tulis. (batik cirebon)

0 comments:

Posting Komentar