Jumat, 02 Januari 2015

Batik Cirebon - Lutik Kreasi Batik Baru, Dari Bayat Klaten Jawa Tengah

Batik Cirebon - Produk khas batik bayat, Klaten, Jawa Tengah, sudah sejak lama di jadikan kain batik lurik. Kain tersebut menjadi kebanggan untuk masyarakat dari Klaten Jawa Tengahy. Kain jenis ini di produksi menggunakan kain yang dihasilkan Alat Tenun Bukan Mesin(ATBM). Produk ini di harapkan mampu bersaing dengan corak kain batik dari Yogyakarta dan Solo.
Kendala permodalam sempat membuat produksi batik ini lesu, perlahan namun pasti, batik Lurik dari Bayat kembali mengangkat kepopuleran corak kain batik ini. Saat ini di Bayat muncul inovasi corak kain batik “Lutik” yang artinya kepanjangan dari Lurik Batik. Jika biasanya kain batik Lurik hanya tampil polos tanpa motif apapun dan juga dengan warna-warna gelap, lutik ini tampil sedikit berbeda denga berbagai corak dan warna yang lebih cerah. Jadi perbedaan yang jelas terlihat dari kain Lurik biasa ini terlihat pada corak dan kecerahan warnanya.
Batik Cirebon - Salah satu gerai batik di Bayat yang menyediakan jenis kain “Lutik” adalah Batik HR. Gerai batik yang terletak di Jl. Bayat Cawas, Bayat, Klaten, ini memproduksi kain Lutik dengan berbagai corak dan warna yang cerah. Ada dua jenis Lutik yang diproduksi Batik HR, yakni cap dan tulis. Untuk jenis Lutik tulis tidak ada motif khusus seperti yang biasa terdapat pada kain batik pada umumnya. Menurut Dian (27), staff Batik HR, motif Lutik yang diproduksi gerainya adalah abstrak.
Batik Cirebon - Motif batik yang telah tenggelam pun bisa kemudian di bangkitkan kembali dengan kreasi dan inovasi para pengrajin. Tanpa menghilangkan identitas lurik, pada contoh ini di beri motif dan warna yang cerah menarik minat pencinta batik untuk mengkoleksinya. Hal ini penting untuk terus menghidupkan batik di masa depan. Batik yang di kenal sebagai seni yang fleksibel tidak melulu harus mengikuti aturan atau batik tradisional, tetapi sedikit merubah dan rasa modern tentu menjadi nilai lebih.
Di butuhkan semangat dari kaum muda untuk mau menjadi penerus pengrajin batik yang sekarang sudah semakin menua. Tanpa penerus, seni batik akan semakin tergerus oleh waktu. ( Batik Cirebon )

0 comments:

Posting Komentar