Kamis, 15 Januari 2015

Batik Cirebon - Batik Merambah Kultur Modern

Batik Cirebon - Batik kini tidak hanya busana tradisional Indonesia, dari waktu ke waktu, batik mengalami banyak modifikasi untuk memenuhi selera permintaan pasar, baik nasional maupun internasional.
Misalnya, dalam hal motif, warna, desain, dan bahan. Setiap batik merek juga berlomba-lomba untuk menciptakan ciri khasnya masing-masing. Tidak sedikit merek batik terkenal Indonesia mulai mengangkat budaya asli untuk digunakan sebagai tren mode dunia. Sebut saja Batik Keris dengan potongan yang minimalis dan desain batik yang unsur masih kental dari yang tradisional.
Batik Danar Hadi yang mengusung kualitas batik premium dengan desain haute couture. Ada juga Batik Alleira yang kuat dengan unsur gradasi warna dengan potongan desain yang modern. Segmen pasar sama semakin diperluas mulai dari wanita, pria, bahkan anak-anak-anak.
Batik Cirebon - Penggunaan pakaian batik tidak terbatas pada acara-acara resmi, juga telah merambah ke acara semiformal dan acara santai. Pada saat era modern ini, model desain baju batik lebih terarah pada dressdan blues sederhana, namun tetap tidak meninggalkan kesan tradisional.
"Model baju batik pada tahun ini nantinya diharapkan kemeja batik didominasi simpel dengan sentuhan kombinasi cardigan, bolero, rompi, dan blazer. Selain itu, pakaian batik dengan model Ulasan dua kedamaian sederhana akan dapat memberikan warna pada harta pakaian di pasar , "kata Ade Kartika, Kepala Pemasaran OfficerAlleira, saat ditemui dalam kunjungan Batik Alleira di Gedung SINDO, Selasa (13/1).
Kain batik Kreasi yang berbentuk persegi (scraf) dan persegi panjang (selendang) untuk padu padan busana sudah dilakukan Alleira. Kreasi kain batik tersebut di antaranya bolero, tahiti, tuamotu, celana harem, rajutan ascot, cincin ascot, sun top, serta kebaya sarung, yang membuat penampilan yang berbeda di setiap kesempatan.
Batik Cirebon - Ade menyebutkan, berbagai kombinasi kreasi kain batik akan seperti menarik jika mengambil nuansa floraldalam motif bentuk bunga yang senada. Selain campuran nuansa bunga, kreasi batik kain dengan bahan polos juga akan mampu menciptakan gaya busana batik yang lebih sederhana namun tetap modern.
Inilah yang menjadi dasar pembentukan model batik Ulasan kemeja dua peaceyang diprediksi menjadi model trend batik busana 2015. Hal ini juga akan merambah pada model kemeja batik modern di Indonesia. Jadi, batik Model baju Ulasan two piece diperkirakan bisa mengangkat batik menjadi salah satu tren fashion dunia fashion Indonesia atau bahkan tren.
Selain pembentukan two piece, sekuens geometri dan permainan warna juga menjadi kunci dalam menentukan tren batik modern. Batik Alleira memiliki empat urutan utama dengan tema yang berbeda, di antaranya seni decoyang memiliki ciri khas berupa permainan geometris serta kombinasi warna-warna cerah dan warna pastel dengan desain gaya yang setengah kasual hingga formal.
Batik Cirebon - Kedua, sequenceAztecyang dipengaruhi tampilan suku Aztec dengan permainan-warna warna tanah, misalnya merah dan cokelat di batik. Ketiga, Origamiyang dipengaruhi teknik origami dan prajurit seragam Jepang, dengan kombinasi warna biru dan kuning.
"Keempat yaitu kupu-kupu yang dipengaruhi oleh alam, dengan sayap konstruksi dan kombinasi gradasi warna-warna cerah," kata Amanda Rahrdjo, desainer Alleira seperti dikutip dari Jakartafashionweek.co.id. Untuk menjadi tren fashion dunia, kreasi batik modern difokuskan pada desain kontemporer gaya yang diresapi dengan cetakan yang terinspirasi oleh teknik batik tradisional, batik misalnya teknik handmade.
Batik Cirebon - Gaya serbaguna memungkinkan pola berbagai, warna, dan tekstur untuk digabungkan. Seperti koleksi ready-to-weardari Alleira, yaitu busana cocktail yang chic yang terinspirasi pada teknik batik dengan kain sifon menggunakan, sutra, katun, dan kain mewah lainnya yang dicetak dengan warna gradasi yang cerah.
Hal ini dapat menampilkan sentuhan mewah dan modern. Selain itu, koleksi coutureAlleira dipesan lebih dahulu agak unik karena tidak ada dua cetakan tangan kain yang persis sama pada cetakan warna, warna, atau pola sehingga terlihat lebih eksklusif. ( batik Cirebon )

0 comments:

Posting Komentar