Minggu, 25 Januari 2015

Batik Cirebon - Pengrajin Batik Karikatur


Batik Cirebon - Setelah batik di akui sebagai warisan budaya bangsa Indonesia oleh dunia Internasional, perkembangan desain atau motif melalui kreatifitas pengrajinnya mulai berkembang pesat. Batik bukan saja mengandalkan motif yang lazim di temui di pasaran yang secara turun temurun di wariskan oleh nenek moyang, namun juga pengrajin mulai berinovasi membuat batik yang tak lazim. Salah satunya adalah batik yang di kembangkan dengan motif kartun.
Motif batik dengan kartun sudah di tekuni oleh Yoga, warga Desa Gulurerjo Kecamatan Lendaj sudah sejak lebih dari empat tahun lalu. Dan di bantu oleh tujuh karyawannya. Pengrajin ini memproduksi batik yang tak lazim di temui pasaran. Berkat keunikan ini, motif batik tersebut mampu membawa ia sukses berbisnis batik.
Batik Cirebon - Menurut penuturan Yoga, ide awal munculnya motif ini dari seringnya mengunjungi pameran lukis anak – anak yang biasa digelar diberbagai daerah. “saat ikut melihat pameran lukis anak, secara tiba – tiba muncul untuk membikin batik dengan motif kartun” kata Yoga. Sedangkan pengrajin ini sering merasa kesulitan dalam merekrut karyawan, karena membikin motif dasar bergambar kartun tidak mudah dilakukan oleh setiap orang. “menggambar motif kartun yang disukai anak – anak dalam sebuah kain tidak mudah” tambahnya.
Batik Cirebon - Namun, berkat kerja keras dan ketekunan yang ia lakukan selama ini, produk batik dengan motif kartun ternyata mampu bersaing di pasar dalam negeri. Motif batik tersebut ia pasarkan sampai kota Semarang dan Jakarta untuk menjadi target motif batik kartun tersebut. Hal itu ia lakukan, karena ia berniat untuk menyajikan motif yang berbeda dari biasanya.
Selain itu, masyarakat kalangan menengah, menjadi konsumen yang selalu menikmati hasil kerajinan warga dari Kabupaten Kulonprogo. Sedangkan harga kain batik bermotif kartun ini juga cukup terjangkau, antara Rp. 100 ribu hingga Rp. 150 ribu per lembar. “harapannya kain batik ini juga diminati oleh anak – anak, apalagi sekarang kain batik sudah diakui oleh negara – negara internasional sebagai warisan budaya indonesia” pungkasnya. ( Batik Cirebon )

0 comments:

Posting Komentar