Jumat, 16 Januari 2015

Batik Cirebon Memberi Kesan Berwibawa Pada Pemakainya


Batik Cirebon - Papua dahulunya dikenal sebagai pulau yang susah untuk di explore, karena disana transportasinya masih sangat minim. Namun kini tidak terlalu sulit untuk singgah kesana berkat transportasi yang semakin mudah. Seperti halnya Indah Ambarwati yang memperoleh kain Batik Papua dari teman bisnis yang berada di Papua.
“Dulu memang mencari sendiri kain Batik Papua, tapi sekarang tinggal titip teman yang ada disana,” kata Indah , Rabu (14/01/2015).
Kendalanya karena tidak membeli kain sendiri, terkadang kain yang di peroleh tidak sesuai dengan yang di harapkan dengan baju yang akan dirancangnya. Solusinya ia akan lebih kreatif lagi dengan mencari kain yang warnanya sepadan untuk memadukan dan menjadi busana muslim yang anggun.
Biasanya kata Indah baju yang dibuatnya kain Batik Papua ini menjadi bawahan atau kebaya, sementara bagian atasnya dicari kain lain dengan menyesuaikan warna dari kain batik yang sudah ada.
Batik Cirebon - Selanjutnya wanita yang juga ketua Hijabersmom Community Sidoarjo (HCS) ini hanya tinggal menambahkan hiasan dan aksesori seperti renda renda, brokat maupun aksesori lainnya.
Selain mengeksploitasi keindahan batik Papua, ia juga membuat dari bahan batik batik dari Jawa yang sudah populer misalnya dari daerah  Jawa Tengah dan Madura.
“Ternyata bahan bahan dari batik ini cukup bagus  sebagai bagian dari busana muslimah, anggun dan berwibawa,” tukas Indah yang berguru desain pada Susan Budiharjo.
Batik Cirebon - Ternyata apa yang dilakukan Indah ini juga menarik perhatian teman temannya, Melly misalnya, teman satu komunitas di Hijabersmom Community Sidoarjo ini juga mulai tertarik untuk mengenakan baju muslimahan yang berbahan kain batik.
 “Saya juga mau koleksi baju baju seperti ini,” kata Melly.
Dalam waktu dekat kata Melly, ia akan pergi ke kampung halamannya di Purwakarta, pada saat pulang kampung ini ia berencana akan berburu kain batik Banyumas.
“Di sana banyak kain batik Banyumas nanti bisa minta tolong Mom Indah untuk merancangnya menjadi busana muslim,”  kata Melly. ( batik Cirebon )

0 comments:

Posting Komentar