Sabtu, 13 September 2014

Batik Trusmi - Perlunya Pembekalan Pengetahuan Batik

Batik Trusmi – Perkembangan batik sebagai warisan budaya dari Indonesia dalam kategori kekayaan budaya non bendawi yang disahkan oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009 patut kita apresiasi dan di sambut dengan baik.
Tetapi, antusisasme dari masyarakat ini seringkali tidak di barengi dengan pengetahuan maupun pemahaman yang benar tentang batik secara menyeluruh. Hal ini sangat di sayangkan oleh beberapa tokoh batik. Antusiasme masyarakat terhadap batik memang baik, antusiasme mereka diluapkan dengan berbondong-bondong mengenakan busana batik di berbagai suasana. Namun, alangkah lebih baiknya jika antusiasme mereka di barengi dengan pengetahuan tentang batik yang benar dan menyeluruh.
Batik Trusmi - Batik sebagai karya kerajinan tangan yang luhur harus di tempatkan pada posisi yang sebenarnya. Karena ketidaktahuan masyarakat tentangbatik yang selama ini berkembang, masyarakat menganggap, bahwa misalnya ada kain-kain yang dicetak dengan menggunakan mesin teksil bercorak itu disebut batik. Atau ada yang pengetahuannya belum benar, kain tenun yang disebut batik. Kain tenun padahal punya klasifikasi sendiri. Kain yang di cetak dengan mesin tekstil memang seperti batik, namun sebenarnya kain yang di cetak dengan mesin lebih disebut sebagai kain bermotif batik, bukan batik.
Terlebih lagi di daerah yang dianggap tertinggal, seringkali terjadi salah kaprah yang besar. Perlu di ketahui, batik di kerjakan dengan sangat susah, dengan penuh perhatian dan kesungguhan hati yang penuh inspirasi dan inovasi, tidak sekedar memasukan kain ke dalam mesin cetak terus jadi. Karya Tradisional baik inilah yang di sebut produk ekonomi kreatif berbasis budaya dan tradisi nusantara.
Seperti batik trusmi contohnya, menurutnya hal ini harus kita hargai sebagai bagian dari kekayaan kretivitas masyarakat di Jawa Barat, terutama Cirebon. Sehingga, masyarakat Cirebon yang selama ini di kenal sebagai masyarakat yang sadar akan fashion batik lebih di perkaya dengan pembekalan tentang batik.
Sudah sepantasnya, kota komoditas batik yang terkenal di Indonesia terus di dorong agar terus berkarya. Dan selanjutnya akan terus menciptakan batik berkualitas tinggi yang di minati pasar nasional maupun internasional. (batik trusmi)

0 comments:

Posting Komentar