Selasa, 23 September 2014

Batik Cirebon Identitas Utama Indonesia Agar Tidak dilibas MEA

Batik Cirebon – Hanya dalam tinggal hitungan bulan, MEA akan segera di persiapkan di negara ASEAN. Beberapa negara asean tengah bersiap menghadapi pasar bebas asia tenggara. Indonesia termasuk dalam salah satunya.
Indonesia harus mempunya statrategi khusus pada MEA mendatang. Salah satu caranya, yaitu dengan menjual dan menunjukkan identitas asli Indonesia di pasar asia tenggara. Indonesia sebagai negara maritim yang luas tentu mempunya ciri khas yang tidak bisa di samai dengan negara lain. Intinya Indonesia harus membangun strategi di ferensiasi. Hal itu sangat mungkin, mengingat Indonesia mempunya produk yang sudah mendapatkan pengakuan di dunia.
Diferensiasi harus di terapkan pada berbagai macam produk dalam negeri, sehingga gesekan persaingan akan semakin kecil. Otomatis negara lain tidak dapat menyaingi. Salah satu produk unggulan Indonesia adalah batik. Batik yang asli punya Indonesia, dunia pun telah mengakuinya. Batik Cirebon atau yang terkenalnya batik trusmi adalah salah satu unggulan batik Indonesia yang bisa membuat diferensiasi.
Diferensiasi memang di nilai sangat penting untuk mengurangi persaingan di MEA. Salah satu contohnya misalkan, negara lain memproduksi sepatu lari, maka Indonesia memproduksi sepatu bola. Maka, keunikan motif batik Cirebon harus di tingkatkan.
Indonesia dengan China pernah membuat perjanjian dagang, maka dengan itu persaingan produk dalam negeri akan semakin berat. Tetapi, itu bisa di minimalisir dengan di lemparnya produk Indonesia yang beda dari yang lain. Kreatifitas dalam negeri di tuntut untuk semakin berkembang untuk membuat diferensiasi.
Indonesia memiliki banyak produk unggulan batik, di banyak daerah Indonesia merupakan sentra pengrajin turun temurun. Di batik cirebon misalkan, di Cirebon terkenal dengan batik trusmi. Itu yang sebenarnya bisa membuat diferensiasi dengan negara lain. Yang tidak kalah penting lagi, Indonesia harus yakin dengan produk buatannya sendiri. Cinta produk dalam negeri pun sangat penting untuk mengarungi pasar bebas atau di sebut MEA. Karena beberapa orang masih menganggap, produk luar negeri lebih berkualitas, padahal tidak demikian. Maka dari itu, dimulai dari mencintai produk dalam negeri sendiri maka kita membantu perekonomian Indonesia dan membantu produk-produk dalam negeri untuk mampu bersaing di pasar bebas MEA.

0 comments:

Posting Komentar