Rabu, 17 September 2014

Batik Trusmi - Pengusaha Batik Tengah Bersiap Hadapi MEA

Batik Trusmi - Lantaran sudah pasti tidak mungkin untuk menolak, pengusaha batik di beberapa kota di Indonesia kini tengah mempersiapkan diri untuk menyambut pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Mereka tentu saja harus siap bersaing dengan produk dari negara lain tahun 2015 mendatang.
Di Tahun 2015 nanti, seluruh produk dan jasa dari negara anggota ASEAN diperdagangkan bebas tanpa ada hambatan. Agar produk batik tetapi bisa bertahan dan bersaing, pelaku industri batik di haruskan mampu menjaga kualitas produk yang di hasilkan. Mulai dari menjaga motif, warna dan juga sampai bahan-bahan yang di gunakan. Kreasi dan inovasi juga yang menentukan produk apakah akan tetap laris di pasaran atau tidak. MEA memang tidak bisa di tawar lagi, keputusan itu memang sudah bulat. Jika ingin tetap eksis dan maju di kancah globalisasi, inovasi dan kreatifitas harus lebih di tingkatkan lagi.
Kancah pasar bebas regional tidak hanya menuntut pelaku usaha saja yang harus kreatif, namun juga pemerintah harus ikut berperan aktif untuk mempersiapkan daya saing pelayanan yang mumpuni. Mengingat akan terjadi persaingan yang ketat dan sehingga pemerintah harus pro aktif melakukan sosialisasi dan promisi tentang batik di daerahnya. Selain itu pemerintah dituntut untuk lebih bisa melakukan terobosan  mengembangkan lagi pemasaran produk lokal hingga ke mancanegara. Apalagi selama ini, batik trusmi di kenal dengan produk batiknya yang hebat. Bukan tidak mungkin, produk tersebut bisa semakin mendunia dengan promosi yang benar.
Batik Trusmi berhasil menjadi ikon batik dalam koleksi kain nasional. Batik Cirebon sendiri termasuk golongan Batik Pesisir, namun juga sebagian batik Cirebon termasuk dalam kelompok batik keraton. Batik Trusmi sudah sangat di kenal di Indonesia, terbukti dengan ramainya pusat grosir batik trusmi di hari-hari libur. Batik Trusmi sudah terkenal dalam skala nasional, dan sedang dalam proses go Internasional. Dengan hadirnya MEA ini, di pastikan persaingan produk lokal dengan luar negeri akan semakin ketat. Namun hadirnya MEA ini di harapkan dapat menaikkan semangat pengrajin lokal.

0 comments:

Posting Komentar