Jumat, 05 Desember 2014

Batik Cirebon - Belanda Bantu Identifikasi Batik Kuno Probolinggo


Batik Cirebon - Tim dari Museum Kota Probolinggo menggandeng Museum Tropen Belanda untuk melakukan identifikasi Batik Kota Probolinggo. "Sudah dua kali kami mengunjungi Museum Tropen di Belanda," kata Kurator dan Koordinator Museum Kota Probolinggo kepada Tempo di sela-sela acara Launching Motif Batik Kuno Probolinggo, Jumat, 5 Desember 2014.
Pihak Museum Kota Probolinggo sudah melakukan kerjasama dengan KITLV dan Museum Tropen dalam upayanya melakukan identifikasi batik kuno tersebut. Hasilnya, ada 152 motif batik yang berhasil teridentifikasi. "Kemungkinannya masih banyak motif batik kuno Probolinggo yang belum teridentifikasi," kata Ade.
Batik Cirebon - Ade mengatakan kajian sejarah terhadap batik sudah dilakukan selama lima tahun terakhir mencakup kajian referensi sejarah serta observasi. "Hingga kemudian kami menemukan poin yang menarik terkait batik Probolinggo," katanya.
Master Batik asal Jogyakarta, Yuke Setyoko Lenan, mengatakan kalau motif batik kuno Probolinggo tersebut merupakan batik rakyat jaman waktu itu. Dia mengaku belum pernah menemukan motif seperti itu. "Saya baru tahu Juli 2014 lalu," katanya.
Karakteristik motif batik Probolinggo ini berbeda dengan motif batik dari daerah lain. "Cukup sulit untuk membuat batik dengan motif kuno itu. Tapi bisa dikerjakan," katanya. Dia optimistik batik kuno ini bakal laku di pasaran meski harganya tinggi. ( batik Cirebon )

0 comments:

Posting Komentar