Rabu, 04 Februari 2015

Batik Cirebon - Batik Khas Karawang Perlu Dipopulerkan


Batik Cirebon - Tidak hanya di kenal kota lumbung padi nasional, ternyata Kabupaten Karawang miliki 10 corak batik khas daerah. Namun disayangkan, batik putra daerah ini masih tetap belum popular. Sehingga sangatlah lumrah jika orang-orang Karawang belum sadari bila Kota Pangkal Perjuangan miliki batik bercorak Karawang.
 Bakal namun, salah seseorang dari pegiat budaya batik khas Karawang, Samsam menyampaikan batik lokal tdk kalah saing type serta tampilan yang menarik dengan batik daerah lain. Namun disadari Samsam, batik beraneka corak dari alam Karawang belum dipamerkan seperti batik yang ada di Jawa Tengah. “Jika dibanding, batik lokal Karawang motifnya unik serta menarik. Coraknya itu di ambil dari nuansa ke Karawang-an, ” bebernya, Selasa (3/2).
Batik Cirebon - Samsam sebutkan corak batik lokal mencakup model bermotif pare sagedeng, corak Citarum, Curug Cigentis serta yang lain. Apabila orang-orang yang mengakui cinta Karawang, tentu mampu tunjukkan rasa kecintaan itu dengan gunakan batik Karawang.
“Jika ada orang yang mengakui cinta Karawang, putra daerah santer digembor-gemborkan namun belum memakai batik prodak lokal, saya menilainya belum prima. Cobalah cintai prodak lokal sendiri juga sebagai kebanggaan, ” pinta Samsam.
 Batik corak khas Karawang, kata dia, telah beroleh prestasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Namun, sambungnya, malahan belum ada animo serta perhatian dari pemerintah sendiri agar label khas Karawang disadari.
“Prestasi telah diperoleh di Jawa barat. Bakal namun belum diputuskan lebel ini, lantaran pencetus corak batik Karawang bu Hj Istiqomah orang simpel. Bahkan untuk Karawang agar miliki khas batik lokal, beliau ikhlas jual rumah juga sebagai modal awal meningkatkan produksi batiknya. Semestinya pemerintah malu dong bila tdk memberi perhatian, ” tuturnya.
Batik Cirebon - Hal tidak jauh lain disingkapkan Endang. Batik Karawang, kata Endang, telah semestinya berkibar di daerah sendiri. Di mana putra pribumi diharuskan cinta pada kebudayaan lokal. Dicontohkan dia, untuk mempopulerkan batik Karawang, Pemkab mengaplikasikan kebijakan agar sekolah di Karawang memakai batik lokal Karawang pada hari-hari spesifik. “Tentunya juga diberlakukan untuk pegawai di pemerintahan juga, ” tuturnya.
 Untuk orang-orang yang berkeinginan beli batik khas Karawang, Endang memberikan dapat datang ke butiq yang berlamat di kampong Golongan, belakang Majid Agung Alun-alun Karawang. Di sana, kata dia, banyak pilhan corak serta motif yang dapat diambil serta dibeli sesuai sama hasrat. “Masyarakat dapat cobalah saja, bakal akan menyebabkan rasa kebanggaan. Apalagi bila jadikan cindera mata, ” tandas Endang. ( Batik Cirebon )

0 comments:

Posting Komentar