Kamis, 24 Juli 2014

Pengusaha Batik Indonesia 24 Tahun Jadi Entrepreneur Termuda

ibnu riyanto batik trusmi cirebon


Berita Batik Indonesia – Ibnu Riyanto, 24, mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) karena menjadi entrepreneur termuda sekaligus pemilik toko batik terluas.
Saat penyematan penghargaan itu pada Minggu, terungkap Ibnu adalah pemilik Pusat Grosir Batik Trusmi di Desa Trusmi, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon yang memiliki luas lahan 4.840 meter persegi. Berdasarkan akta pendirian, toko tersebut didirikan pada 11 Maret 2011 atau saat Ibnu berusia 22 tahun 5 bulan 10 hari.
Manajer MURI Sri Widayati seusai penilaian menerangkan, prestasi ini belum pernah diraih oleh orang lain sebelumnya. “Karena ia memecahkan dua rekor sekaligus, yaitu pengusaha termuda sekaligus pemilik toko batik terluas di Indonesia,” kata Sri.
Sebelumnya, entrepreneur  termuda pernah dicatatkan atas nama Sigit Pramono yang menjadi Dirut BNI pada usia 45 tahun dan Jimi M Rifai yang menjabat sebagai Dirut Sarinah pada usia 36 tahun. Selanjutnya Ibnu pun berhak menerima piagam penghargaan dari MURI, sebagai entrepreneur termuda sekaligus pemilik toko batik indonesia terluas.

Penghargaan Untuk Ibnu Riyanto Pemilik Pusat Grosir Batik Trusmi

Ibnu Riyanto mengungkapkan, penghargaan tersebut justru akan lebih sebagai pemacu bagi dirinya untuk berusaha lebih maju lagi. “Terutama untuk memajukan batik indonesia, warisan leluhur bangsa indonesia,” katanya. Ibnu pun mengungkapkan jika di tokonya ini mengutamakan batik cirebon sebanyak 70% dan sisanya batik yang berasal dari daerah lain.
Untuk pengembangan bisnis, Ibnu mengaku telah membuka cabang di Medan, Jakarta, dan Surabaya. Bahkan tahun ini pun ia menargetkan membuka cabang di Singapura. “Ini dikarenakan nilai penjualan di Singapura lebih tinggi dibandingkan di negara Asia Tenggara lainnya.”
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Jabar akan terus mendorong munculnya pengusaha muda di Jawa Barat. “Saat ini pengusaha muda di Jawa Barat baru sekitar 0,8% dari idealnya 4%,” katanya.
Karenanya dalam lima tahun ke depan ditargetkan mencetak 100 ribu pengusaha muda di Jawa Barat. Pihaknya pun akan memberikan berbagai kemudahan terutama kesempatan dan modal bagi pengusaha-pengusaha muda tersebut.

0 comments:

Posting Komentar