Selasa, 15 Juli 2014

Batik Trusmi - Potensi Batik di Dunia Internasional

Batik Trusmi - Udara segar semakin terasa karena trend fashion batik semakin meningkat. Bukan hanya pasar lokal,  pasar internasional pun sudah semakin mengenal batik. Tentu saja hal ini di prediksikan akan meningkatkan ekonomi lokal. Namun dengan catatan design harus mengikuti trend fashion modern.

Untuk menjawab tantangan itu, kain tradisional khas nusantara itu hadir dalam model yang semakin modis dan di kemas agar bisa di kenakan di berbagai macam suasana. Batik saat ini tidak hanya dikenakan pada sejumlah acara resmi, tetapi bisa dikenakan dalam acara apa pun, seperti ketika pergi ke kantor, jalan-jalan, ke acara pesta atau sekadar bersantai di rumah.

Keberadaan batik di Indonesia terlihat semakin membooming, tampak pula anak muda semakin banyak yang mengenakan batik di tempat-tempat seperti mall atau sekedar tongkrongan anak muda, tentu saja model yang mereka kenakan bersifat modern. Hal ini di karenakan sentuhan tangan para designer yang dengan kreatifnya mampu membaca keinginan anak muda, dengan memadukan kain tradisional khas Nusantara yang di padukan dengan design modern yang modis dan cocok di pakai anak muda.

Inovasi memang sangat di butuhkan agar batik semakin meledak di pasaran, inovasi dalam hal motif, warna hingga model merupakan salah satu syarat agar menyelaraskan batik dengan zaman. Berkat ide para designer batik lahir dengan lebih modern dan baru dengan tampilan yang lebih cantik dan eksklusif dan dinamis.

Tantangannya sekarang adalah bagaimana agar batik mampu menembus pasar internasional dan menjadi komoditas ekspor unggulan di Indonesia ! Itu sangat mungkin asalkan promosi harus gencar di lakukan di luar negeri melalui KBRI atau dengan cara yang sederhana seperti WNI yang mengenakan batik di luar negeri. Secara tidak sadar dengan cara seperti itu kita telah ikut mempromosikan batik di pasar internasional.  Orang asing akan bertanya-tanya, baju macam apa itu ? dari mana asalnya baju itu ? apa maknanya baju itu ?. Dengan pengetahuan yang kita miliki tentang batik dan mampu menjelaskan pertanyaan orang asing tadi maka bukan tidak mungkin mereka langsung kepincut karena rasa ingin tahu mereka dan mungkin akan berwisata ke sentra batik Indonesia, seperti di batik trusmi Cirebon, batik pekalongan ataupun batik blora. Atau pemerintah pun dapat dengan gencar mengikutsertakan batik di kancah lomba fashion international.

Jadi sangat sederhana sekali untuk melestarikan dan mempromosikan batik, hanya dengan mengenakannya kita sudah ikut melestarikan sekaligus mempromosikan. (batik trusmi)

0 comments:

Posting Komentar