Sabtu, 01 November 2014

Batik Cirebon - Pakai Batik Bisa Bikin Cantik

Batik Cirebon
Batik Cirebon - Siapa bilang mengenakan busana batik tidak cantik? Jika dikreasikan dengan baik, batik pun bisa menjadi busana yang elegan dan bisa diandalkan. Ini dibuktikan pada acara “Kreasi Batik Jambi 2014” di Jambi Town Square (Jamtos), sekitar pukul 15.00, kemarin (29/10). Lomba fashion show kreasi batik kemarin, memperebutkan piala Ibu Wali Kota Jambi Cup 2014. Peserta yang ikut cukup banyak, sekitar 100 putra-putri. Mereka utusan dari empat sanggar model di Jambi: All Star, Excell, Arman Manajement dan Angso Duo. Rata-rata peserta tampil memukau. Dengan lenggak-lenggoknya, peserta berhasil menarik perhatian pengunjung Jamtos.
Batik Cirebon - Lomba yang dibagi ke dalam tiga kategori itu -kategori A usia 4-7 tahun, B usia 8-12 tahun, dan C remaja 13-22 tahun-, menampilkan kreasi batik dalam beberapa jenis gaun ataupun dress.
“Selain ingin menampilkan bakat, saya ingin memperbaiki persepsi yang jelek tentang Batik Jambi. Ternyata mengenakan batik bisa tetap terlihat cantik dan elegan,” jelas Dita Ramadhani (17), peserta dari sanggar All Star.
Dita berpesan, bagi putra putri Jambi, nanti jangan lagi malu atau gengsi untuk memakai Batik Jambi. Karena batik merupakan corak atau ciri kita sebagai orang Jambi.
Ketua panitia Regina Natalisa menjelaskan, tujuan acara ini agar semua pihak lebih menghargai produk lokal. “Dan putra-putri Jambi lebih kreatif,” ujarnya.
Selain itu, ketua tim ke empat sanggar peserta lomba, Lyli Tandyo menerangkan, acara ini bisa dianggap sebagai tahap awal untuk melestarikan Batik Jambi. Selain itu, untuk menumbuhkan rasa cinta produk lokal, terutama bagi generasi muda yang kini mulai mencintai produk luar.
Batik yang di kenal sebagai pakaian tradisional sangat bisa untuk di kreasikan menjadi busana modern. Motif batik yang sangat nyaman dan lihat cocok di pakai di berbagai suasana. Batik memang sangat fleksibel. Dengan demikian, tidak ada alasan untuk para pemuda untuk malu mengenakan batik. Semakin kita sering mengenakan batik maka kita juga turut andil dalam pelestarian batik. Kesejahteraan para pengrajin batik pun bergantung dari pasar konsumen batik. (batik Cirebon)

0 comments:

Posting Komentar