Selasa, 26 Februari 2013

Batik Tulis

Batik tulis adalah dengan menggunakan kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan.
[caption id="attachment_78" align="alignnone" width="800"]Batik dan Membatik di Sanggar Pembatikan Pusat Grosir Batik Trusmi

Batik dan Membatik di Sanggar Pembatikan Pusat Grosir Batik Trusmi[/caption] Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan. Teknik pembuatan batik secara tulis tangan yaitu pada awalnya batik dibuat di atas bahan kain dengan yaitu warna putih yang terbuat dari sejenis kapas yang sering disebut kain mori.

saat ini batik juga dibuat di atas bahan lain seperti sutera, poliester, rayon serta bahan sintetis . kemudian Motif batik dituangkan dengan cairan lilin dengan menggunakan canting , atau menggunakan kuas digunakan untuk motif batik berukuran besar, kemudian Kain yang telah dilukis dengan menggunakan lilin kemudian dicelupkan dengan warna sesuai yang diinginkan si pembuat , Pencelupan hanya  dilakukan bagi motif  dengan warna lebih tua . Setelah melewati  beberapa kali proses pewarnaan, kemudian  kain yang telah selesai dibatik dicelupkan ke dalam cairan bahan kimia untuk melarutkan lilin sehingga membentuk pola yang diiginkan.

keberadaan batik tulis sangat luas hampir setiap daerah memiliki ciri khasnya. karena memang awal pencipataan batik pertama kali ialah dengan metode tulis. keberadaan batik tulis di indonesia dengan motif batik tulis ini. Dari Ujung Timur sampai Barat Indonesia, hampir seluruh daerah memiliki corak batik masing-masing. Dari Medan, Padang, Palembang, Jambi, Bengkulu, Lampung, Cirebon, Garut, Tasikmalaya, Pekalongan, Banyumas, Jogjakarta, Surakarta, Lasem, Tuban, Sidoarjo, Tulungagung, Kalimantan, Bali, Lombok, sampai Madura (Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep) dan tentu saja masih banyak yang lainnya.

0 comments:

Posting Komentar