Selasa, 10 Februari 2015

Batik Cirebon - Cantiknya Seragam Garuda Indonesia


Batik Cirebon - Sebagai maskapai nasional, Garuda Indonesia selalu menyajikan budaya Indonesia di setiap kesempatan. Salah satunya di seragam para pramugari. Bukan sekadar batik dan kebaya, namun seragam ini punya banyak arti.
Tahun 2010 lalu, seragam Garuda Indonesia berganti jadi makin Indonesia. Dengan menggunakan pilihan kain tradisional yaitu batik, dan baju kebaya Kartini, para pramugari terlihat makin cantik.
Seperti ditengok dari channel Garuda Indonesia di Youtube, Selasa (10/2/2015), pilihan kainnya adalah batik dengan model lereng. Dikatakan oleh desainernya, Josephine Werratie Komara atau yang dikenal dengan nama Obin, bahwa motif gondosuli lereng ini merupakan pilihan yang paling elegan.
"Lereng akan membuat yang memakai terlihat anggun dan langsing," tuturnya dalam video.
Batik Cirebon - Masih di kain batik, ada pula titik putih yang diungkapkan sebagai melati yang menambah kecantikan. Tak lupa, ada pula gambar Garuda yang merepresentasikan dari maskapai tersebut.
Untuk warnanya, dipilih 3 jenis yaitu toska, biru dan oranye. Toska dipilih sebagai warna pertama karena sudah sangat identik dengan warna Garuda.
"Rasanya kalau toska itu identik sekali dengan Garuda," ujar Irma Hadisurya dalam video.
Batik Cirebon - Sedangkan untuk warna biru itu identik dengan warna yang langeng, mantap dan terpercaya. Untuk warna oranye dianggap warna yang hangat dan ramah. Jadi, menurut Irma, cocok sekali sebagai warna layanan.
Untuk atasan dipilih baju kebaya Kartini yang dianggap cantik dan elegan. Disempurnakan dengan bros indah di dada.
Bukah hanya cantik, namun pakaian ini juga harus memenuhi estetika kenyamanan dan keamanan dalam bekerja. Seperti diungkapkan oleh salah satu mantan pramugari Garuda, Dianti Poetranto. Di mana seragam pramugari harus memenuhi aspek fungsi yaitu aman dan nyaman.
Jadi, sudah cantik, bisa mudah bergerak pula. Mantap! ( Batik Cirebon )

0 comments:

Posting Komentar