Sabtu, 21 Februari 2015

Batik Cirebon - Batik Abstrak Bandung Tembus Eropa


Batik Cirebon - Batik abstrak Bandung, Jawa Barat yang dikenalkan oleh Tetet Cahyati selain diminati pasar Asia juga sukses menembus pasar Eropa yakni di Praha, Republik Ceko.
"Batik abstrak ini diminati orang-orang di Praha, diluar itu juga Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan India, " kata Tetet Cahyati di Depok, Jumat (20/2).
Ia menuturkan batik abstrak ini adalah gabungan pada lukisan, lagu serta puisi. Batik juga selalu berkembang sesuai sama zaman, kain khas Indonesia serta warisan budaya bangsa itu selalu berevolusi serta berkembang.
Batik Cirebon - Wanita asal Bandung ini menyampaikan juga bahwa batik abstrak yang indah serta menawan jadi ciri khas. " Inspirasi ini bermula dari kecintaan saya pada seni lukis. Saat sebelum membatik saya sukai bikin lukisan, menulis lagu serta puisi, " tuturnya.
Tetet mulai membatik pada 2007 serta melukis mulai sejak 2005. " Mulai sejak kecil saya memanglah sukai melukis lantaran ke-2 orangtua saya yaitu pelukis, yaitu Popo Iskandar serta Djuariah Iskandar, " katanya.
"Awalannya saya iseng saja bikin sebagian potong lalu banyak yang sukai serta pada akhirnya jadikan usaha. Penyuka batik saya tidak cuma dari kelompok ibu-ibu tetapi ada pula dari kelompok remaja, " tuturnya juga.
Batik Cirebon - Ia menuturkan lagi bila pembuatan kain batiknya masih tetap memakai langkah tradisional dengan memakai dicanting, lalu tiga kali alami sistem pencucian serta dijemur. " Untuk bikin batik catat 100 % prima itu susah, lantaran ini kan masih tetap memakai canting. Satu bahan dapat usai sampai tiga minggu serta membuahkan 30 sampai 50 potong, " tuturnya.
Tetet mengatakan, batik abstrak hasil karyanya sudah dipatenkan pada 2008, dengan harga yang di tawarkan beragam dari mulai Rp 100 ribu sampai Rp 2, 5 juta per mtr..
Kain batik abstrak Tetet untuk di Indonesia telah digunakan oleh sebagian tokoh, diantaranya Ari Sudarsono, Mutia Hatta, Dewi Motik, Megawati Soekarno Putri, Linda Gumelar, dan sebagainya. ( Batik Cirebon )

0 comments:

Posting Komentar