Jumat, 06 Februari 2015

Batik Cirebon - Alasan Batik Terpilih Jadi Warisan Dunia

Batik Cirebon - Batik disadari juga sebagai salah satu warisan dunia punya Indonesia. Tak terkecuali orang-orang serta pemerintah yang berusaha untuk memperjuangkan hak itu, nyatanya ada satu hal yang bikin batik disadari juga sebagai kekayaan punya Indonesia.
"Salah satu karena kita dapat memenangkan batik juga sebagai ikon budaya kita yaitu, lantaran batik kita gunakan dalam kehidupan keseharian, " ungkap Yenny Wahid pada Okezone di Royal Place Building, Jakarta, Rabu, 4 Februari 2015.
Batik Cirebon - Selanjutnya, ini jadi suatu bukti bila orang-orang Indonesia masih tetap menghormati budayanya. "Kita saksikan di negara lain, sesungguhnya banyak budaya lokalnya. Tetapi baju tradisional tidak demikian digunakan, cuma pada acara spesifik. Walau sebenarnya kan generasi muda tidak sering turut acara adat-adat seperti itu," paparnya lagi.
Yenny memperbandingkan kebudayaan orang Indonesia dengan Jepang dalam memakai baju tradisional. Walau Indonesia banyak tertinggal di bidang lain, tetapi masalah satu ini, Jepang kalah jauh dengan Indonesia.
Batik Cirebon - "Perbandingannya jauh. Di Jepang telah tidak sering orang gunakan kimono. Paling cuma orangtua saja. Bila menikah umumnya gunakan gaun Western. Bila disini, ke kondangan gunakan batik, acara apa saja banyak gunakan batik, di sekolah ada hari harus gunakan batik, " ungkapnya.
Hingga, rutinitas tersebut yang bakal jadi pelestarian batik di Indonesia. " Makin banyak kita gunakan batik serta kebaya dalam kehidupan keseharian, itu yang bakal melestarikan budaya bangsa Indonesia ini. Intinya saya sangatlah mensupport usaha apa pun untuk melestarikan budaya kita," tutupnya. ( Batik Cirebon )

0 comments:

Posting Komentar