Selasa, 03 Februari 2015

Batik Cirebon - Perajin Batik Keberatan Pajak Online

Batik Cirebon - Perajin batik Giriloyo, Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta mengaku keberatan dengan pajak penghasilan (PPn) penjualan melalui online. Sebab, penjualan online belum sebesar penjualan konvensional.
"Cara konvensional saja kita tidak kena pajak karena perajin batik tulis skalanya masih kecil atau masuk kategori UMKM yang seharusnya dilindungi dari berbagai pajak yang memberatkan," kata salah satu perajin batik di Imogiri, Mas'ud Fahlavi, Selasa (3/2).
Dijelaskan Mas'ud, selama ini para perajin di Imogiri banyak yang memasarkan hasil kerajinannya melalui online. Selama ini, para perajin didorong untuk memasarkan hasil produksinya melalui online.
Batik Cirebon - "Peralatannya dibantu pemerintah. Namun kini akan dikenakan pajak," kata Mas'ud.
Dia mengakui, keberadaan internet di kampungnya sangat membantu perajin mempromosikan dan menjual produk batik tulisnya. Namun, penerapan kebijakan pajak PPn harus lebih jelas jenis-jenis bisnis online seperti apa yang dapat dikenakan pajak.
"Kalau UMKM dikenakan, maka orang akan enggan untuk menekuni UMKM. Pajak ini akan berdampak sangat buruk bagi perekonomian masyarakat," katanya.
Untuk perajin batik yang masih berskala kecil tidak mungkin di terapkan pajak. Mengingat untuk penjualan online yang masih berskala kecil tidak terlalu besar penghasilannya. Apalagi dengan bisnis yang mereka lakukan di kampung-kampung yang stok barangnya masih terbatas. Dengan demikian tentu saja akan memberatkan mereka dengan di terapkannya pajak.
Batik Cirebon - Namun, jika menilai dukungan pemerintah untuk meminjam peralatan untuk memasarkan online sangat bagus untuk perkembangan mereka. Batik perlu di pasarkan secara modern, untuk memperluas pasar dan jangkauan masyarakat terhadap batik.
Perajin perlu di edukasi apa itu pemasaran online. Untuk melaksanakan program tersebut perlu dukungan penuh dari pemerintah. Hal ini sangat bermanfaat untuk keberlangsungan batik dan tentu saja pelestariannya. Batik memang seni tradisional, namun tanpa sentuhan modern batik akan sulit berkembang dan sulit masuk ke pasaran. Untuk itu, batik dalam segi design maupun pemasarn perlu di sentuh dengan sentuhan modern, karena batik adalah seni yang fleksibel yang mengikuti perkembangan pasar. ( Batik Cirebon )

0 comments:

Posting Komentar