Rabu, 20 Agustus 2014

Batik Trusmi - Motif Kain Batik Khas Cirebon

katun-mm-putihan-cetak-012882-50.000-batik-trusmi-batik-cirebon-batik-indonesia
Batik Trusmi - Cirebon, kota yang identik dengan kota udang ini adalah kota penghasil kain batik yang produktifitasnya terbilang tinggi. Cirebon merupakan area penting untuk produksi kain batik area pantai utara jawa. Salah satu sentra batik di Cirebon yang terkenal adalah batik trusmi. Sebuah desa kecil yang terdapat puluhan industri batik kecil dan menengah. Di desa ini lebih dari separuh penduduknya bekerja sebagai pengrajin kain batik.
Mega Mendung adalah salah satu motif yang paling identik dan bahkan menjadi icon Kota Cirebon selain udang tentunya. Batik trusmi adalah salah satu daerah pengrajinnya. Motif jenis ini memiliki ciri khas yang tidak dimiliki daerah pengrajin batik lain. Motif kain batik jenis ini karena hanya ada di Cirebon, pernah membuat Kementerian Pendidikan dan Pariwisata mendaftarkan motif mega mendung ke UNESCO untuk mendapatkan pengakuan sebagai batik warisan dunia. Motif ini memang di kenal luas hingga ke manca negara.
Namun di balik ketenaran mega mendung, ternyata di Cirebon masih ada motif batik lain. Mega mendung memang sangat menonjol di banding kain-kain motif lain di Cirebon. Perlu di ketahui juga kita sebagai pewaris budaya batik, ternyata di Cirebon masih ada motif-motif kain batik lain, berikut beberapa motif kain batik Cirebon :
  • Batik Motif Paksi Naga Liman
Sama dengan mega mendung karena batik ini juga masih dipengaruhi oleh budaya China. yang membedakannya adalah motif Paksi Naga Liman juga memeroleh pengaruh yang cukup kuat dari budaya Islam dan India. Batik Cirebon Motif Paksi Naga Liman, menggambar motif salah  satu kereta kencana di Cirebon yaitu kereta Paksi Naga Liman. Paksi Naga Liman adalah gambar berupa gabungan wujud binatang Paksi (garuda), Naga (ular naga) dan Liman (gajah). Paksi Naga Liman di percaya sebagai simbol kekuatan kerajaan Cirebon, yaitu Paksi (udara), Naga (laut) dan liman (darat).
  • Batik Motif Singa Payung
Batik motif singa payung sebenarnya hampir sama dengan motif paksi naga liman, namun di sini ada tambahan beberapa motif, yaitu seperti payung kesultanan, motif bata tumpuk, motif wadasan, motif daun pandan, motif pohon beringin, motif wit, motif rucukbung serta motif gunungan. (batik trusmi)

0 comments:

Posting Komentar