Senin, 14 Januari 2013

Batik Cirebon sebagai Trend Batik 2013

Batik Cirebon memiliki keunggulan fashion yang tidak dimiliki oleh batik-batik Indonesia dari daerah lainnya. Keunikan atau ciri khas Batik Cirebon inilah yang selalu dapat diaplikasikan sebagai busana modern untuk semua usia.

Batik Cirebon memiliki unsur asimilasi budaya dari berbagai bangsa yang pernah menjalin hubungan dagang dengan keraton-keraton atau masyarakat Cirebon. Hal inilah yang menjadi daya tarik khusus bagi Batik Cirebon, yang lebih dikenal dengan Batik Trusmi.
Keunikan atau Keunggulan Batik Cirebon

Hal yang paling mudah dikenali dan menjadi keunggulan Batik Cirebon adalah 1. Berani menggunakan warna-warna terang seperti merah, biru, hijau, kuning, ungu, merah muda bahkan warna dasar putih pun sering digunakan pada Batik Cirebon. 2. Memiliki garis yang tegas sehingga memunculkan objek-objek yang jelas seperti pada mega mendung, kompeni, singa barong, dsb. 3. Memiliki corak yang dipengaruhi oleh budaya dari bangsa-bangsa asing yang pernah memiliki hubungan erat dengan Cirebon seperti Bangsa-bangsa Eropa, Gujarat, Cina, India, dsb 4. Penggambaran yang natural dan apa adanya pada corak Batik Cirebon menjadikan Batik Cirebon mudah diaplikasikan pada trend fashion modern.

0 comments:

Posting Komentar